Musyawarah Nasional ke-1 IKA 23 Des 2019

Kemeriahan dan Kebahagiaan Tergambar dalam Acara Simposium Ilmiah dan MUNAS ke-1 Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman

Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman yang berdiri 18 tahun silam akhirnya membuat acara yang cukup spektakuler. Belum lama setelah ditetapkannya Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Profesi Dokter FK Unmul terakreditasi A dari LAM-PTK. IKA Fakultas Kedokteran UNMUL tepatnya pada hari sabtu, 14 Desember 2019 kemarin menggelar kegiatan MUNAS pertamanya yg sekaligus dirangkai dengan simposium ilmiah, dan diikuti setidaknya oleh 160 alumni dari berbagai angkatan dari berbagai kota/kabupaten yang ada di Kaltim dan Kaltara.

Berdasarkan sambutan yang diberikan oleh Ketua IKA Fakultas Kedokteran UNMUL, saat ini Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman telah melahirkan 599 lulusan dokter, yang mana sebagian besar telah kembali dan mengabdi ke daerah mereka masing-masing di wilayah Kaltim dan Kaltara. Tak hanya itu, beberapa alumni telah banyak yang melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang spesialis dan beberapa telah lulus dan mengabdi di beberapa Rumah Sakit Umum Daerah di Kaltim dan Kaltara.

Dukungan pun datang dari berbagai pihak, terlihat jelas pada saat pembukaan kegiatan MUNAS ke-1 IKA Alumni ini, sambutan selain diberikan oleh Ketua Panitia, dr. Effi Setyoadi dan Ketua IKA Alumni, dr. Mukhlis Hamidi, disusul pula sambutan oleh Ketua IDI Wilayah Kalimantan Timur yang sekaligus sebagai dosen FK Unmul Dr. dr. Nataniel Tandirogang, M.Si serta sambutan perwakilan dari Gubernur Kaltim yang dalam hal ini diwakilkan oleh Plt. Ketua Dinas Kesehatan Propinsi Kaltim Drs. Andi M. Ishak, Apt, M.Si.

Dengan mengusung tema “Update Management in Primary Care”, panitia simposium ilmiah mencoba membawa para pembicara dari para spesialis yang tentunya adalah para alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman yang telah menyelesaikan pendidikan spesialis dari luar Pulau Kalimantan. Simposium dengan latar belakang era BPJS ini mengajak para peserta simposium untuk merefresh kembali dan memperbaharui ilmu kedokteran terutama dalam bidang penyakit dalam, penyakit anak dan kulit kelamin sebagai modalitas saat melakukan praktisi sebagai dokter umum baik di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit maupun di Puskesmas yang merupakan ujung tombak diagnosis awal kebanyakan penyakit ditegakan.

Para pembicara tersebut adalah dr. Roby Syahputra Firmansyah, Sp.KK, M.Kes sebagai pembicara pertama dengan materi “Allergy and Immunology in Daily Practice” yang berisi kasus-kasus di bidang kulit yang sering ditemukan pada praktik sehari-hari, dr. Ifransyah Fuadi, Sp.PD sebagai pembicara kedua dengan materi “Strategi Penanganan Diabetes Mellitus di Era BPJS” yang dengan praktis menjelaskan penanganan optimal pasien diabetes mellitus fokus pada pentingnya penanganan non-farmakologis seperti edukasi pasien, pengaturan pola makan, dan aktivitas fisik seperti olahraga sebagai strategi utama penurunan kadar gula darah dan dr. Muhamad Buchori, M.Sc, Sp.A sebagai pembicara ketiga dengan materi “Kegawatdaruratan Anak di Layanan Primer” yang lebih menekankan pada pengenalan tanda bahaya dan kegawatdaruratan pada anak serta penatalaksanaan kasus-kasus kegawatan seperti syok anafilaksis dan kejang pada anak.

Sebagai puncak acara, Musyawarah Nasional (MUNAS) ke-1 IKA Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman memilih ketua IKA FK UNMUL yang baru untuk periode 2020-2023 melalui proses pemungutan suara yang cukup menegangkan, dan sebagai hasilnya dr. Adhitya Angga Kharisma yang berasal dari angkatan 2006 terpilih sebagai ketua baru mengalahkan dr. Krisdinata yang berasal dari angkatan 2004. Acara dilanjutkan dengan pelantikan oleh presidium sidang dan serah terima jabatan dan bendera IKA FK UNMUL oleh ketua periode sebelumnya dr. Mukhlis Hamidi .

Dengan jiwa visioner yang ingin menjadikan IKA FK Unmul sebagai organisasi mandiri yang dicintai oleh anggotanya, dibanggakan oleh almamaternya, dan dihormati oleh relasinya serta berperan aktif dalam mendukung terwujudnya visi dan misi Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, kepemimpinan dr. Adhitya Angga Kharisma diharapkan dapat memberikan energi baru bagi perjalanan IKA FK Unmul empat tahun ke depan. Kiranya Tuhan yang Maha Esa merestui dan merahmati IKA FK Unmul di masa yang akan datang.


Seminar Nasional 16 Sep 2019

Seminar Nasional 2019[...]

Selengkapnya

 

Pengumuman

 

Berita

 

Pengunjung

Total : 52.827